Mungkinkah Pensiun di Usia 40-an dengan Nyaman dan Makmur

Mungkinkah Pensiun di Usia 40-an dengan Nyaman dan Makmur?

Pensiun di usia 40-an dengan nyaman dan makmur, mungkinkah? Pertanyaan ini belakangan cukup sering diajukan para pekerja muda. Yakni mereka yang masih berada di rentang usia produktif, sekitar 20 sampai 30 tahun. Alasannya cukup beragam, mulai dari faktor perusahaan tempat bekerja hingga faktor diri sendiri. Mereka umumnya cukup ambisius dan ingin segera pensiun di usia dini.

Seperti yang kita tahu, rata-rata orang pensiun di Indonesia berada di usia 60-an. Orang-orang ini umumnya baru akan merencanakan untuk pensiun saat berumur 40-an. Tapi tren sekarang sudah bergeser. Pekerjaan yang super sibuk dan padat memicu generasi Y memikirkan waktu pensiun sedini mungkin. Pekerja muda ini umumnya ingin segera melepas penat, mencapai kemakmuran dan memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga.

Pemikiran tersebut sah-sah saja. Namun ketika akan mewujudkan, biasanya generasi muda akan dilanda dilema tentang mungkin tidaknya impian tersebut tercapai. Jika sudah begini, solusi terbaik ialah menanyakan hal tersebut pada pakar keuangan atau mereka yang sudah berpengalaman. Dari pendapat beberapa ahli, ada 4 poin yang bisa jadi nasihat baik untuk sukses pensiun di usia 40-an dengan nyaman dan makmur. Di antaranya:

1. Mulailah Sekarang Juga

Jika ingin pensiun dini, maka mulailah sekarang juga. Buatlah perencanaan keuangan yang matang dan mendetail. Seperti tabungan yang cukup, pemasukan yang stabil, berinvestasi, dan sebagainya. Hitunglah seberapa banyak uang yang kamu butuhkan untuk hidup nyaman dan makmur setelah pensiun. Kebutuhan itu termasuk biaya hidup, pemeliharaan kesehatan, pendidikan anak, dan lain-lain.

Dalam melakukan perencanaan, sangat baik jika kamu membekali diri dengan pengetahuan yang cukup soal keuangan. Jika masih ragu, kamu bisa memakai jasa ahli untuk berkonsultasi dan membantumu mewujudkan pensiun dini di usia 40-an.

2. Hindari Berhutang dan Segera Lunasi Jika Ada

Ketika pensiun, kemungkinan besar kamu tak lagi memiliki pemasukan. Untuk itu, hindarilah berhutang dan segera lunasi secepat mungkin sebelum datang waktu pensiun. Bayar tagihan kredit dan bunganya, lalu tutup kartu kredit milikmu.

3. Terapkan Gaya Hidup Sederhana

Mantra paling ampuh untuk sukses pensiun dini ialah menabung lebih banyak dan berbelanja lebih sedikit. Dengan demikian, penghasilan akan meningkat secara konsisten dan bisa dinikmati di masa depan. Jadi bijaklah dalam berbelanja. Pertimbangkan seberapa butuh dirimu memiliki mobil mewah, gadget canggih, paket liburan, dan sebagainya.

4. Bekerjalah Sedikit

Beberapa orang berpandangan bahwa pensiun dini berarti tidak bekerja sama sekali. Namun fakta yang sering terjadi, sebagian orang jadi depresi karena rindu bekerja. Untuk mengantisipasi hal ini kamu bisa memulai pekerjaan paruh waktu atau membuka usaha kecil sendiri. Selain bisa membunuh kebosanan, bekerja sedikit juga bermanfaat menambah penghasilan.

Dari penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa mewujudkan pensiun dini membutuhkan kerja keras, kerja cerdas, dan pengorbanan. Jadi pensiun di usia 40-an dengan nyaman dan makmur, mungkinkah? Tentu saja jika kamu merencanakannya mulai sekarang.

Sumber Bacaan : https://nexmedia.co.id

About admin

Check Also

Olahraga Itu Bisa Jadi Investasi, Buktikan Sendiri!

Olahraga Itu Bisa Jadi Investasi, Buktikan Sendiri! Masa muda merupakan waktu produktif untuk menyiapkan masa …