Nggak Enak Nagih Utang ke Teman Ada Triknya Nih!

Nggak Enak Nagih Utang ke Teman? Ada Triknya Nih!

Siapa sih yang nggak mau dianggap baik dan dicintai banyak orang? Misalnya saat temanmu butuh dana, kamu rela membantunya dengan meminjamkan uang. Tapi ibarat pisau bermata dua, kebaikan ini malah bisa membuatmu sengsara, lho. Pasalnya, nagih utang ke teman itu kadang membuat kita ngerasa nggak enak. Apalagi kalau dia mendadak seperti hilang ingatan dan nggak juga mengembalikan uangmu. Nggak usah pusing, simak triknya berikut ini!

Ingatkan Secara Halus

Namanya manusia pasti pernah lupa dan khilaf. Jadi jangan negative thinking dulu, siapa tahu teman kamu memang benar-benar lupa kalau punya utang. Ingatkan dia secara halus dengan pura-pura bertanya, “Eh, gue punya utang nggak ya sama lo? Soalnya nggak enak kan kalo gue ngutang tapi nggak bayar-bayar.” Kalau temanmu peka, pasti dia langsung ingat dan segera mengembalikan uangmu.

Sapa di Tanggal Muda

Tanggal muda atau waktu gajian adalah saat yang tepat untuk menagih utang, karena pada momen tersebut temanmu pasti sedang punya uang. Tagih secara halus saja, misalnya dengan berkata, “Wah… ada yang habis gajian, nih. Pasti lagi punya uang banyak, ya.” Dengan begitu, dia pun nggak akan punya alasan lagi untuk nggak membayar utangnya pada kamu.

Sindir Lewat Media Sosial

Ternyata media sosial bisa kamu manfaatkan untuk menagih utang, lho. Misalnya dengan memasang status bernada menyindir seperti, “Duh, susah banget ya nagih utang ke teman sendiri.” Kalau perlu, pasang status itu di semua media sosial kamu, mulai dari Facebook, Twitter, Path, dan lain-lain. Tapi sebelum melakukan cara ini, pastikan statusmu bisa dibaca oleh temanmu itu, ya.

Minta Traktir

Temanmu masih belum membayar utangnya? ‘Paksa’ dia untuk traktir kamu saja. Misalnya setiap kamu makan bareng dengan temanmu yang berutang, pura-puralah nggak bawa dompet, uangmu kurang, atau lupa ke ATM. Jadi, mau nggak mau temanmu itulah yang akan membayari tagihanmu. Walaupun belum sepenuhnya, cara ini senggaknya bisa mengembalikan uang kamu sedikit demi sedikit.

Pura-Pura Butuh Uang

Kalau berbagai cara masih nggak mempan juga, pura-pura butuh uang bisa jadi jurus pamungkas untuk menagih utang kepada temanmu. Bilang saja kepadanya kalau kamu sedang butuh uang untuk berbagai keperluan mendesak, misalnya service motor atau membayar biaya sekolah adikmu. Cara ini harusnya bisa membuat temanmu yang berutang merasa nggak enak dan akhirnya membayar lunas utangnya pada kamu.

Nah, semoga beberapa trik di atas bisa memudahkanmu dalam menagih utang kepada temanmu, ya. Selain lebih bijak saat meminjamkan uang, jadikan hal ini sebagai pelajaran untuk mengatur keuanganmu supaya tidak terjerat oleh utang. Ayo lebih bijak dalam mengelola keuangan selagi muda!

About admin

Check Also

Olahraga Itu Bisa Jadi Investasi, Buktikan Sendiri!

Olahraga Itu Bisa Jadi Investasi, Buktikan Sendiri! Masa muda merupakan waktu produktif untuk menyiapkan masa …