Pastikan Kamu Memenuhi Kebutuhan Finansial dalam 3 Fase Hidup Ini

Pastikan Kamu Memenuhi Kebutuhan Finansial dalam 3 Fase Hidup Ini

Masalah hidup jangan dipikirin terus-terusan dan menjadi beban. Selagi muda, banyak banget lho hal positif yang bisa kamu lakukan salah satunya dengan mulai investasi. Yang penting, kamu harus mampu melewati tiga fase hidup berikut ini dengan baik agar tidak mengalami kesulitan finansial. Yup, ketiganya memiliki kebutuhan investasi dan tujuan yang berbeda. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya, yuk!

1. Single (Accumulation)

Fokus Perencanaan: Kamu yang sedang di awal sampai pertengahan karir tentu masuk dalam fase ini. Di sini, kamu biasanya mencoba untuk meningkatkan aset (kekayaan) untuk dapat memenuhi kebutuhan jangka pendek atau jangka panjang. Pada fase ini, kamu memiliki jangka waktu panjang dalam hal investasi dan potensi peningkatan pendapatan di masa depan. Jadi, kamu relatif dapat lebih memilih investasi dengan tingkat toleransi risiko yang tinggi demi memperoleh keuntungan lebih besar dari rata-rata sepanjang masa investasi.

Tujuan Keuangan:

* Dana darurat
* Dana liburan
* Dana untuk menikah, beli mobil, dan rumah
* Investasi pendidikan anak
* Dana pensiun

2. Berkeluarga (Consolidation)

Fokus Perencanaan: Fase ini diperuntukkan bagi kamu yang telah melalui pertengahan perjalanan karir dan biasanya memperoleh pendapatan di atas pengeluaran. Yup, kamu pun memiliki jangka waktu yang relatif sedang dalam hal investasi, dengan demikian investasi dengan tingkat risiko moderat dapat menjadi pilihan. Di tengah fase ini tentunya kamu tidak hanya mengharapkan tingkat keuntungan tertentu, tapi juga memperhatikan faktor keamanan dalam berinvestasi.

Tujuan Keuangan:

* Dana Kesehatan
* Investasi aset produktif
* Dana Pensiun

3. Pensiun (Spending/Gifting)

Fase ini secara umum terjadi ketika memasuki masa pensiun, di mana kamu dapat menikmati hasil kerja keras dan investasi sedari muda . Kebutuhan akan biaya hidup harian pun kamu dapati dari investasi yang sudah dilakukan pada dua fase sebelumnya. Nggak hanya itu, kamu pun sangat berhati-hati dalam memilih keputusan berinvestasi untuk menjaga aset investasi yang kamu miliki.

Tujuan Keuangan:

* Dana kebutuhan hari tua
* Dana kesehatan
* Dana sosial dan kemasyarakatan

Bagaimana? Jika kamu sudah terbiasa berinvestasi sejak dini, tentu masa tuamu akan lebih terjamin. Investasi dapat memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Bayangkan saja bila kamu berinvestasi selama puluhan tahun. Dengan begitu, kamu jadi mapan secara finansial di hari tua. Selamat berinvestasi dan melewati tiga fase hidup tersebut!

About admin

Check Also

Oh, Jadi Ini Rahasia Tetap Bahagia di Tanggal Tua!

Oh, Jadi Ini Rahasia Tetap Bahagia di Tanggal Tua! Apakah kamu sering mengalami ‘kanker’ alias …